Cara Melancarkan Haid

Cara Melancarkan Haid yang Aman dan Sesuaikan Kondisi Tubuh Anda

Cara Melancarkan Haid, menstruasi atau datang bulan adalah siklus periodik yang pasti dialami oleh wanita. Kedatangannya sudah seperti tamu langganan setiap bulannya. Dibalik itu, haid bisa mengindikasikan kondisi tubuh loh. Haid lancar menandakan organ reproduksi anda sedang dalam kondisi baik. Sebaliknya, jika haid anda tersendat bisa jadi organ atau atau kondisi tubuh anda sedang tidak baik.

Untuk itu banyak upaya yang dilakukan untuk melancarkan haid. Banyak orang yang mencari cara melancarkan haid tapi bingung harus memilih metode yang mana. Terlebih ada juga tidak tau harus memulai dari mana. Untuk memperluas wawasan anda, berikut pembahasan seputar haid tidak lancar dan cara memulihkan kondisinya.

Cara Melancarkan Haid
Cara Melancarkan Haid

Kenali Sinyal Tubuh yang Menunjukan Haid Anda Bermasalah

Percaya atau tidak, tubuh selalu memberikan sinyal jika sesuatu terjadi dalam tubuh kita. Contohnya untuk penyakit hepatitis, penyakit organ dalam yang tidak bisa dilihat oleh mata secara langsung. Masalah terkait organ ini bisa diidentifikasi lewat warna dan permukaan kuku.

Begitu juga masalah haid pada wanita. Walaupun haid tidak lancar bisa dilihat dan dirasakan secara langsung, beberapa kondisi tubuh ini bisa diartikan sebagai tanda haid anda terganggu atau sedang tersendat. Apa saja kondisi itu?

  1. Jeda yang terlalu lama dalam siklus haid

Harus diketahui, siklus haid yang normal berkisar antara 21 hingga 35 hari sekali bergulir secara terus menerus. Jika jeda haid melebihi kurun waktu tersebut maka anda patut waspada. Bisa jadi ini sinyal tubuh anda bahwa haid anda tidak lancar.

 

  1. Pendarahan berat

Menorrhagia atau pendarahan berat pada siklus haid dan terjadi hanya pada satu waktu dalam kurun seminggu bisa jadi awal tanda haid anda bermasalah. Pendarahan cenderung berat disatu periode dan tidak lancar pada periode berikutnya .

 

  1. Haid tidak normal

Bukan hanya jeda yang terlalu lama, haid terlalu sering tapi hanya sehari hingga dua hari saja menandakan haid anda tidak lancar. apalagi jika usia anda sudah menginjak 20. Bisa dipastikan haid anda bermasalah.

 

  1. Sakit perut berlebih hingga muntah atau diare

73% wanita mengeluh sakit saat haid datang. Jika sakit yang datang terasa berlebih hingga muntah atau diare namun pendarahan tidak banyak, bisa dipastikan periode haid anda tengah tersendat.

Kenali dan waspada pada setiap tanda – tanda yang berhubungan dengan siklus haid anda. Bisa jadi itu sinyal awal tubuh yang mengartikan haid anda tidak lancar. Segera cari alternatif yang bisa memperingan hingga mengatasi masalah anda. Banyak cara yang bisa anda coba, tinggal pilih yang sekiranya cocok dan efektif.

 

Berbagai Cara Melancarkan Haid, Silahkan Pilih Sesuai Kondisi Tubuh

Kini berbagai pilihan untuk melancarkan siklus haid sangatlah beragam. Tidak seperti tempo dulu yang pengobatannya digantungkan pada alam alias herbal. Mungkin hingga saat ini masih banyak yang memegang teguh pemahaman “alam selalu lebih baik”. Tapi banyak juga yang beranggapan “obat kimia kini lebih efektif”. Anda pilih yang mana?

Keduanya bisa jadi pilihan anda. tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kondisi tubuh. Maka dari itu kenali kondisi tubuh anda sebagai langkah awal, setelah itu baru memilih jenis obat telat haid yang akan anda konsumsi. Selain obat ada cara lain yang ampuh memperlancar siklus haid anda. Penasaran? Simak  berbagai cara melancarkan haid wanita berikut. siapkan notes anda ya

  1. Memperbaiki pola hidup

Terdengar simpel tapi sulit untuk dilakukan. Ya, merubah pola hidup tidak segampang membalik telapak tangan. Tapi inilah salah satu pemicu utama masalah haid tidak lancar. Anda bisa mulai dengan perbaiki pola makan. Imbangi nutrisi yang masuk ke tubuh anda. perbanyak konsumsi air putih.

 

Untuk anda yang merokok, bisa mulai anda kurangi. Mulai sering olahraga dengan mencoba jogging atau sekedar yoga dalam ruangan. Hal ini bisa membantu menyeimbangkan hormon esterogen dan progesteron pada tubuh anda. Hingga akhirnya haid anda lancar kembali.

 

  1. Konsumsi air putih

Jangan lupa konsumsi air putih. Ini sangat penting untuk menyeimbangkan kadar cairan tubuh anda. Karena sebagian besar tubuh merupakan cairan maka tugas anda menjaga kadar tersebut. Air sangat penting sebagai zat pengantara tubuh dan untuk meningkatkan kinerja darah mengikat oksigen.

 

Karena berbicara mengenai keseimbangan tubuh, maka hormon terkait haid juga termasuk ke dalamnya. Begitu pentingnya menjaga asupan cairan tubuh kita. Minum setidaknya 8 sampai 10 gelas sehari bisa membantu anda memulihkan kondisi tubuh.

 

  1. Istirahat yang cukup

Bisa jadi tubuh anda kurang istirahat. Sehingga kondisi tubuh anda tidak seimbang. Jika kondisi tubuh terganggu bukan hanya produksi hormon yang terganggu tapi juga bisa jadi emosi ikut terganggu. Jangka panjangnya anda bisa terkena stress. Kondisi ini lah yang mengantarkan pada tidak lancarnya haid anda.

 

  1. Minum obat pelancar haid

Ini cara yang diyakini paling efektif. Unsur kimia pada obat bisa menginduksi rahim untuk melakukan haid secara cepat. Obat pelancar haid Gastrul banyak tersedia di klinik atau apotek terdekat. Bahkan warung dekat rumah anda bisa jadi ikut menjualnya.

 

Obat pelancar haid banyak bentuknya. Dari pil, tablet hingga bentuk cair tersedia. Namun perlu diperhatikan dosis yang tepat untuk tubuh anda. Yang terpenting jangan minum obat abal – abal. Alih – alih kelancaran yang didapat, malah masalah lain yang anda dapat.

 

  1. Konsumsi herbal

Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi herbal sebagai alternatif. Bahan alami seperti wortel, jahe, kunyit hingga air kelapa hingga air putih bisa anda konsumsi tanpa mengkhawatirkan efek samping.

 

Anda bisa memakan bahan alami diatas secara langsung tanpa pengolahan untuk hasil lebih maksimal. Jangan ragu dengan hasilnya karena sudah banyak orang yang mencoba. Anda berminat?

Sudah bisa memilih cara mana yang sekiranya cocok untuk kondisi tubuh anda? Jangan terburu –  buru silahkan pikir matang – matang agar akhirnya tidak memperburuk keadaan. Jika cara diatas dikira tidak mempan, maka anda dianjurkan untuk tidak memaksakan diri memakan lebih banyak obat.

Tindak Lanjut Jika Haid Anda Tidak Kunjung Lancar

Ekspetasi kadang tidak sejalan dengan realita. Ketika anda sudah melakukan berbagai cara untuk memperlancar haid namun tidak kunjung menunjukan hasil yang signifikan maka cara terbaik adalah mengunjungi dokter. Konsultasikan permasalahan anda dari awal hingga akhir.

Usahakan ceritakan semua kejanggalan yang terjadi. Alasannya agar prediksi dan pengobatan yang nantinya ditawarkan akan relevan dengan keadaan tubuh. Tidak menimbulkan kesalahpahaman dan tidak mempersulit anda. Manfaatkan waktu konsultasi sebaik mungkin karena kesempatan jarang datang dua kali.

Tindakan selanjutnya setelah melakukan konsultasi dan mendapat resep dokter, yaitu anda harus konsisten dalam pengobatan. Intinya tetap melakukan anjuran dokter dan sebisa mungkin jangan sampai stress karena itu sangat menghambat program anda. Bersabarlah hingga anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Tinggalkan komentar