cytotec

Cytotec: Aturan Minum, Efek Samping, Keguguran

Dari sekian banyak obat tukak lambung, Cytotec merupakan salah satu yang dipakai pada pasien yang pernah dan memiliki potensi masalah parah pada lambung tersebut. selain itu ia juga sering dijadikan obat untuk menggugurkan kandungan, karena membantu proses kontraksi rahim. Sejauh mana peran obat ini dalam dunia kesehatan, apakah aman untuk dikonsumsi semua usia?

Penggunaan obat ini biasanya setelah terjadi kondisi abnormal pada penderita masalah lambung setelah mengkonsumsi obat-obatan seperti Naproxen, Aspirin, atau Ibuprofen. Kandungan Misoprostol di dalamnya akan meminimalisir asam lambung berlebih dan memulihkan kondisi lambung dengan lebih cepat.

cytotec
cytotec

Amankan Minum Cytotec?

Keamanan Cytotec tergantung pada kondisi tubuh pasien yang membutuhkan pengobatan, karena tergolong obat keras maka penggunaannya harus dengan resep dokter. Karena setiap pasien memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan dosis yang tepat agar fungsi dari obat ini benar-benar maksimal.

Biasanya obat berbentuk tablet ini akan aman jika dimakan tanpa didampingi obat telat bulan, dan pastikan dikonsumsi setelah makan. Namun pada beberapa kondisi, dokter akan melakukan pemantauan pengobatan secara teratur untuk melihat apakah ada efek samping yang akan dirasakan oleh pasien yang mendapatkan resep tersebut.

Obat ini hanya boleh dikonsumsi orang dewasa dan sudah teruji klinis, sedangkan untuk anak-anak belum ada rekomendasi yang menyebutkan bahwa obat ini aman. Jadi Anda sebaiknya jangan mengkonsumsinya sembarangan dan tidak merekomendasikan kepada penderita penyakit tukak lambung lain, karena bisa saja dampaknya berbeda dengan Anda.

Bagi ibu hamil  terutama di trimester pertama kehamilan dan ingin janinnya lahir dalam kondisi baik, maka sebaiknya tidak menerima resep Cytotec saat mengalami masalah lambung. Karena akan menyebabkan beberapa gangguan seperti bayi lahir prematur, menurunkan jumlah air ketuban yang akan membahayakan kehidupan janin, dan keguguran.

Lakukan Ini Sebelum Minum Cytotec

Jika memang Anda diresepkan obat ini oleh dokter tetap saja harus memastikan beberapa hal sebelum mengkonsumsinya. Sehingga bisa terhindar dari efek samping berbahaya bagi tubuh Anda. apa saja yang harus dilakukan.

  • Jika Anda sedang dalam pengobatan lain, jangan lupa untuk memberitahu dokter tentang obat apa saja yang sedang dikonsumsi. Baik itu obat dari dokter ataupun obat yang dibeli sendiri. karena bisa saja akan terjadi kontra indikasi ketika Anda memakannya bersamaan dengan Cytotec. Bisa jadi dokter akan mengganti obat dengan yang lebih aman untuk kondisi Anda.
  • Jika Anda sedang mengalami gangguan pada pencernaan seperti infeksi usus, dan lainnya wajib memberitahu kepada dokter, agar bisa diberikan dosis obat yang tepat dan menunjang kesembuhan Anda.
  • Jangan abaikan riwayat penyakit berbahaya yang pernah Anda alami saat dokter akan meresepkan obat ini. Seperti penyakit ginjal, serebrovaskuler, hati, dan kardivaskuler.
  • Jangan lupa untuk memeriksa komposisi obat ini sebelum dikonsumsi, apalagi bagi Anda yang punya riwayat alergi terhadap Misoprostol dan senyawa serupa lainnya.
  • Kalau Anda sedang mengalami masalah siklus haid yang tidak lancar, wajib memberitahu dokter ketika diresepkan Cytotec karena pastinya dokter akan memiliki pendapat lebih tepat apakah Anda boleh mengkonsumsinya atau tidak.
  • Kalau Anda sedang hamil atau sedang menyusui juga jangan sampai lupa memberitahu dokter, agar dosis Cytotec yang diberikan tidak mempengaruhi kehamilan dan proses menyusui.

Baca juga: Penundaan Memiliki Buah Hati dengan Cara Mencegah Kehamilan

Adakah Efek Samping Penggunaan Cytotec?

Ada sejumlah efek samping yang sering dirasakan oleh pasien yang menderita tukak lambung atau harus menjalani aborsi karena alasan medis tertentu. Kebanyakan akan reda sendiri, namun jika terjadi dalam waktu relatif lama, maka sebaiknya berkonsultasi ulang pada dokter.

  • Pusing

Kondisi ini merupakan yang paling sering dialami pasien yang mengkonsumsi obat ini. Pusing akan reda sendiri jika banyak minum air putih dan beristirahat.

  • Dyspepsia

Merupakan gejala dimana perut bagian atas terasa sakit, kembung dan sejenisnya. Pada kondisi normal gejala ini tidak membahayakan, tapi kalau sudah terjadi lebih dari 24 jam, dan mengganggu aktivitas maka sebaiknya konsultasi lagi ke dokter. Bisa jadi ada kontra indikasi yang terjadi dalam tubuh Anda.

  • Pada penderita alergi Cytotec biasanya akan mengalami sejumlah kondisi jika tetap mengkonsumsinya. Seperti gatal pada permukaan kulit, ruam berwarna kemerahan di sejumlah bagian tubuh.
  • Sesak Nafas

Efek samping ini juga ditemukan pada beberapa pasien tukak lambung atau pengguguran kandungan yang mengkonsumsinya. Ada yang reda sendiri, namun ada juga yang perlu pertolongan medis secepatnya agar tidak bertambah parah.

  • Badan Lemas

Lemas bisa terjadi beberapa saat setelah mengkonsumsi obat keras ini, ada yang sifatnya sementara dan reda dalam hitungan jam, namun adapula yang menjadi bertambah parah hingga kehilangan tenaga dan harus istirahat.

  • Pendarahan Vagina

Pada pasien yang harus menjalani aborsi karena alasan tertentu bisa mengalami efek dimana pendarahan terjadi tidak normal. Darah terus mengucur dengan jumlah banyak dan menyebabkan pasien lemas dan banyak kehilangan darah.

  • Diare

Ini merupakan efek samping yang bisa terjadi pada pasien dengan masalah pencernaan, namun tetap mengkonsumsi Cytotec.

Kenali Obat Dan Makanan Yang Tidak Cocok Dengan Cytotec

Beberapa jenis obat dan makanan diketahui akan menyebabkan efek negatif pada tubuh ketika mengkonsumsi obat ini. Jadi Anda harus memastikan tidak mengkonsumsinya selama menjalani terapi menggunakan obat yang kandungan utamanya adalah misoprostol ini.

Obat Yang Sebaiknya Dihindari

Obat yang mengandung Dinoprostine topical, Magaldrate, Quinapril, Magnesium Karbonat, Magnesium Oksida dan Magnesium Hidroksida akan memberikan efek pada tubuh jika dikonsumsi bersamaan dengan obat ini. Jadi Anda sebaiknya menghentikan salah satunya sesuai anjuran dokter, apakah tidak mengkonsumsi Cytotec atau menghentikan minum salah satu dari jenis obat-obatan tersebut.

Makanan Yang Sebaiknya Dihindari

Jenis makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti pisang, kacang kedelai, ikan salmon, alpukat da sayuran seperti sawi dan brokoli sebaiknya tidak dikonsumsi dulu ketika sedang terapi menggunakan obat ini. Karena kandungan magnesium akan memberikan efek buruk pada tubuh. Minum banyak air putih disarankan selama penggunaannya agar zat di dalam obat segera larut dalam tubuh.

Bagaimana Cara Aman Mengkonsumsi Cytotec

Ada beberapa cara aman yang bisa diterapkan saat Anda mengkonsumsi obat ini. Diantaranya adalah konsumsi sesuai dosis dan rentang waktu yang sama. Jadi jika dalam satu hari Anda disuruh dokter mengkonsumsi tiga kali dengan rentang sekali delapan jam, maka ikuti aturan itu hingga obat habis.

Ini harus dilakukan baik bagi penderita tukak lambung atau wanita yang mengalami keguguran dan disarankan mengkonsumsi Cytotec. Gunanya untuk menghindari efek samping berbahaya yang bisa terjadi jika tidak mengkonsumsi sesuai aturan.

Jangan sembarangan mengkonsumsi obat keras ini, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter supaya Anda tidak salah memilih obat. Kalaupun harus mengkonsumsinya, upayakan untuk minum sampai habis sesuai dengan dosis dan ketentuan konsumsi yang ada pada kemasan dan juga perintah dokter Anda.

Apabila anda ingin tau baik harga dan cara pakai anda bisa mengunjungi website agen resmi cytotec di indonesia. Hargacytotec.com

Tinggalkan komentar