Obat pelancar haid

Kenali Obat Pelancar Haid Yang Tepat Agar Haid Kembali Lancar

Haid terlambat sering dialami wanita, banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Ada yang tak perlu pengobatan, namun ada juga yang harus mengkonsumsi obat pelancar haid agar masalah tersebut segera teratasi. Sejatinya ketika ada yang salah dengan siklus haid Anda maka sebaiknya mulai curiga dan melakukan tindakan cepat agar tidak sampai mengalami masalah serius.

Ada beberapa alasan mengapa seorang wanita bisa mengalami masalah haid tidak lancar, diantaranya karena stress berkepanjangan, mengkonsumsi obat tertentu yang mengganggu produksi hormon kewanitaan, atau bisa juga karena pola hidup yang tidak sehat.

Obat pelancar haid
Obat pelancar haid

Kapan Harus Konsumsi Obat Pelancar Haid

Tak semua kondisi mengharuskan Anda mengkonsumsi obat-obatan agar haid jadi lancar, namun jika salah satu hal ini terjadi maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan dan obat yang tepat.

  • Sakit saat masa haid, biasanya sakit terjadi di area perut hingga pinggul yang mengalami kram dan nyeri yang tak tertahankan. Jika hal itu terjadi lebih dari 24 jam maka ada baiknya Anda melakukan pengobatan.
  • Mengalami haid lebih dari tujuh hari dengan jumlah aliran darah yang terus menerus deras. Kondisi ini bisa disebabkan berbagai hal. Jadi jangan abaikan dan langsunglah berobat.
  • Anda tak kunjung haid maksimal 90 hari? sebaiknya konsultasikan hal tersebut agar bisa diobati.
  • Haid dengan durasi lebih pendek dari siklus normal Anda atau lebih panjang dari biasanya.
  • Jika bulan lalu haid Anda lancar, namun bulan ini mengalami masalah jadwal maka ada baiknya juga untuk mengkonsumsi obat pelancar haid, jangan tunggu sampai masalahnya semakin membuat Anda tidak nyaman.
  • Darah haid mengalir deras tanpa henti lebih dari tiga hari sehingga menyebabkan kondisi tubuh menjadi lemah

Baca Juga Penting! Ketahui dan Pahami 14 Tanda-tanda Kehamilan

Obat Pelancar Haid Alami

Banyak jenis obat untuk membantu wanita yang mengalami masalah haid tidak lancar. Tapi ada baiknya Anda menggunakan obat alami dengan tingkat resiko efek samping lebih rendah, karena pada umumnya obat-obatan ini sudah biasa dikonsumsi sehari-hari sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh . apa sajakah obat alami tersebut, dan bagaimana mengolahnya?

  1. Air Kelapa Hijau

Air kelapa ini ternyata bukan saja bagus untuk ibu hamil, tapi juga bagi wanita yang mengalami masalah haid. Kandungan asam laurat yang menjadi anti virus dan bakteri bisa membantu mengembalikan kondisi organ vital, jika mengalami infeksi akibat virus atau jamur yang menjadi penyebab haid terganggu.

 

Anda cukup mengkonsumsi airnya secara rutin setiap pagi dan malam hari, hingga masalah haid bisa teratasi. Lamanya penggunaan air kelapa ini tergantung pada kondisi tubuh masing-masing wanita, ada yang hanya butuh beberapa hari, namun ada juga yang lebih dari satu minggu.

 

  1. Daun Pepaya

Kandungan vitaminnya yang lengkap, ditambah kalsium dan beberapa senyawa penting bisa menjadi obat untuk mengatasi masalah haid Anda. Memang rasanya pahit tapi soal khasiat sudah teruji secara turun temurun. Anda cukup merebus daun pepaya secukupnya dengan dua gelas air, tambahkan garam dan asam jawa, jika air rebusan tinggal satu gelas, konsumsilah.

 

  1. Berbagai Jenis Kacang

Bagi Anda yang tidak alergi dengan kacang bisa mengkonsumsinya sebagai obat untuk melancarkan haid. Kacang mengandung omega-3 yang jadi zat penting untuk membantu menormalkan kembali kinerja hormon di dalam tubuh. Anda bisa menjadikannya cemilan rutin setiap hari.

 

  1. Buah Nanas

Kandungan zat relaksasi di dalam buah nanas ini mampu membuat otot pinggul, perut dan vagina jadi lebih relaks. Alhasil darah haid akan keluar dengan lebih lancar dan nyeri haid yang menyertainya bisa diatasi.

 

  1. Jahe

Terkenal sebagai salah satu bumbu masakan dan bahan baku minuman penghangat tubuh, jahe yang mengandung vitamin, serat, sodium, niasin, zat besi dan karbohidrat ini sangat cocok untuk dijadikan obat alami mengatasi masalah haid. Anda bisa menyeduhnya dengan air panas lalu dicampur dengan madu. Minum teratur sekali sehari agar khasiatnya terasa maksimal.

Obat Pelancar Haid Rekomendasi Dokter

Di dunia medis dokter kebidanan dan kandungan sudah mengetahui bagaimana untuk mengatasi masalah haid tidak lancar. Makanya diresepkanlah sejumlah obat yang teruji mampu melancarkan haid dan mengatasi kondisi lain yang terjadi akibat masalah tersebut. berikut ini beberapa obat telat datang bulan di apotik yang sering direkomendasikan oleh dokter. Tapi ingat, sebaiknya dibeli dan dikonsumsi sesuai resep dokter.

Gonadotropin

Merupakan hormon sintetis yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan. Dia akan berperan memaksimalkan kinerja indung telur memproduksi sel telur. Kemudian sel telur yang tidak terbuahi akan luruh menjadi darah haid. Proses ini akan membuat haid lebih lancar. Beberapa jenis Gonadotropin yang sering dipakai adalah human choronic gonadotropin dan follicle-stimulating hormone.

Progestin

Juga masuk kategori hormon sitentik jenis progesteron, dengan fungsi untuk membantu mengatur kelancaran siklus haid wanita setiap bulannya. Penggunaannya juga dengan cara disuntikkan ke dalam tubuh. Tapi pada kondisi tertentu obat ini memberikan efek samping seperti perut kembung, sakit kepala, payudara nyeri, keputihan atau menurunnya gairah seksual.

Bromociptine

Bentuknya berupa tablet atau kapsul dan harus dikonsumsi sesuai resep dokter, dan tak boleh dihentikan sebelum disuruh oleh dokter. Fungsinya adalah untuk mengatasi masalah yang timbul akibat prolaktin berlebih dan salah satunya adalah haid yang menjadi tidak lancar.

Lakukan Ini Agar Efek Obat Pelancar Haid Lebih Maksimal

Selain menggunakan obat pelancar haid yang cocok dengan kondisi Anda, ada beberapa hal yang bisa menunjang cepatnya proses pemulihan siklus haid tersebut. Pertama adalah banyak minum air putih, karena air putih dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh termasuk melancarkan fungsi organ reproduksi wanita.

Kedua yaitu olahraga secara teratur, bisa olahraga apasaja seperti jalan kaki setiap pagi atau sore hari keliling kompleks perumahan, aerobik, berenang, main sepeda, atau olahraga favorit Anda. fungsinya adalah untuk memaksimalkan kinerja tubuh dan membuat semua otot menjadi lebih kuat dan tidak rentan mengalami kram, termasuk otot perut yang bisa mengakibatkan haid tidak lancar.

Ketiga adalah istirahat teratur minimal delapan jam sehari, karena tubuh juga membutuhkan waktu untuk istirahat dan mengembalikan kekuatannya melalui istirahat. Jika jam istirahat Anda kurang, maka akan sangat berdampak pada kesehatan tubuh termasuk produksi hormone reproduksi yang akan berakibat pada kestabilan siklus haid.

Keempat adalah memastikan asupan gizi setiap hari, dengan gizi seimbang maka tubuh akan tetap sehat dan kinerja semua organ akan normal. Sehingga potensi terjadinya masalah haid akan sangat kecil, Andapun akan terhindar dari berbagai jenis penyakit lainnya.

Untuk memilih obat pelancar haid yang tepat sebaiknya memang berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Namun setidaknya dengan mengetahui apa saja obat yang bisa digunakan, Anda bisa lebih mempersiapkan diri jika masalah haid itu datang. Paling tidak dengan menggunakan obat alami dan menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Tinggalkan komentar