Penyebab haid tidak teratur

Ketahui Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

Haid tidak teratur pasti membuat anda cemas. Apalagi jika sampai 3 bulan tidak haid, mungkin pikiran anda sudah melantur kemana – mana. Taukah anda siklus haid yang normal terjadi dalam kurun 21 hingga 35 hari sekali. Untuk wanita dengan usia 20 keatas siklus haid seharusnya akan teratur secara berkala.

Sebagian wanita menganggap remeh kondisi ini. Keterbatasan informasi sering kali jadi alasannya. Tidak ada salahnya anda mengenali penyebab haid tidak teratur. Sehingga bisa mengurangi kekhawatiran anda bahkan bisa meminimalisir kondisi tersebut. Beberapa hal bisa jadi faktor terjadinya masalah ini. Seperti pola makan tidak sehat. Mengapa bisa demikian?

Penyebab haid tidak teratur
Penyebab haid tidak teratur

Faktor Apa Saja yang Jadi Penyebab Haid Tidak Teratur ?

Berbagai faktor bisa jadi pemicu kondisi yang amat mengganggu ini. Tapi pada umumnya penyebabnya datang dari diri sendiri. Yang paling lekat adalah pola hidup. Coba anda analisis sendiri apakah pola hidup anda sudah sesuai atau belum. Pola hidup disini bisa menyangkut pola makan hingga pola istirahat.

Selain pola hidup, emosi yang merujuk pada stress juga menjadi salah satu faktor yang di perhitungkan. Faktor eksternal juga tidak bisa dihindari. Bisa jadi lingkungan anda kurang sehat. Banyaknya polusi hingga asap rokok yang bebas menghampiri anda bisa jadi mengganggu hormon dan menyebabkan haid anda tidak teratur. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya

  1. Pola makan yang salah

Setiap orang perlu asupan nutrisi untuk tetap hidup. Terlepas dari itu nutrisi juga berfungsi untuk menyeimbangkan kondisi tubuh dan berimbas pada kinerja organ dan sel didalamnya. Termasuk produksi hormon.

 

Erat kaitannya dengan hormon karena haid diatur oleh hormon esterogen dan progesteron. Jika jumlah keduanya tidak seimbang maka haid tidak teratur sangat mungkin terjadi. Selain itu pola makan tidak sehat bisa menimbun lemak jenuh. Tidak hanya jadi musuh bagi wanita tapi musuh juga untuk tubuh kita terutama kerja organ. Kehadirannya bisa sangat mengganggu.

 

  1. Jarang minum air putih

Pola makan yang baik harus diimbangi dengan pola minum yang baik pula. Jarang minum air putih bisa menyebabkan kekeringan pada organ. Cara gampang untuk mengetahui apakah anda kurang minum atau tidak bisa dilihat dari kulit anda. Jika terlihat kusam dan kering besar kemungkinanan anda jarang minum air putih.

 

Ini juga bisa berakibat fatal pada siklus haid anda. tidak maukan hal yang disepelekan justru berdampak besar pada anda. segera perbaiki pola minum anda. Jaga jumlahnya sesuai kapsitas yang sudah ditentukan.

 

  1. Stress berlebih

Tekanan pekerjaan atau bisa jadi tugas sekolah pada remaja adalah faktor penyebab berikutnya. Stress yang menyebabkan ketidak stabilan emosi bisa juga berimbas pada produksi hormon. Jadi penting untuk anda menjadi pikiran agar tetap bahagia dan tidak tertekan. Pergi berlibur bisa jadi ajang untuk anda melepas penat agar terhindar dari segala macam kemungkinan masalah.

 

  1. Lingkungan yang tidak bersahabat

Terlebih pada wanita yang hidup ditengah hiruk pikuk kota yang penuh polusi, masalah haid tidak teratur rentan terjadi kapanpun dan tidak mengenal batasan umur. Pakailah masker ketika berpergian untuk meninimallisir kemungkinan.

 

Hindari juga asap rokok atau vape. Untuk anda yang perokok mulai kurangi dan jauhi barang tersebut. Kandungan berbahaya didalamnya bisa sangat berpengaruh pada organ reproduksi anda.

 

  1. Bawaan gen

Terlepas dari beberapa faktor yang sudah dijabarkan, faktor genetik bisa jadi penyebab awal yang mungkin anda sendiri tidak mencari nya. Coba bertanya pada ibu apakah memiliki riwayat penyakit terkait haid atau tidak. Konsultasikan juga kondisi anda pada dokter. Siapa tau jawaban atas kondisi anda bisa ditemukan lewat percakapan dengan dokter.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab haid tidak teratur diatas anda bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk yang mungkin akan terjadi pada anda. mencegah lebih baik dari mengobati. Namun jika kondisi haid tidak teratur terlanjur menghinggapi maka anda tidak bisa menghindar. Jangan takut, cari tau apa cara terbaik yang bisa anda lakukan.

 

Jika Terlanjur Terjadi, Apa yang harus dilakukan?

Jangan panik jika siklus haid tidak teratur datang pada anda. Cari tahu akar penyebab masalah pada kondisi tubuh. Baca berbagai sumber terpercaya dan jangan termakan kabar burung yang malah bisa memperburuk kondisi anda.

Kenali gejala yang timbul apakah benar merujuk pada gangguan siklus haid atau bukan. Gejala tersebut bisa berupa muncul jerawat karena ketidak stabilan hormon. Bisa berupa perut kembung yang terjadi karena kontraksi organ. Selanjutnya payudara sensitif.cenderung lebih gampang terasa sakit dan membengkak dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Lalu sakit kepala. Kondisi umum terjadi, namun pada kasus ini sakit kepala yang disertai perubahan mood yang signifikan dan haid yang tak kunjung datang. Masalah kram pada perut, punggung hingga pinggul bisa jadi gejala terakhir yang menandakan bahwa anda serius tengah mengalami siklus haid yang tidak teratur.

Jika anda mengalami keterlambatan haid ditambah lagi dengan datangnya gejala yang telah dipaparkan diatas kuat kemungkinan memang siklus haid anda bermasalah. Anda patut hati – hati dan mulai mencari alternative pengobatan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar siklus haid. Mulai dari membenahi pola hidup dan perhatikan nutrisi serta asupan cairan yang masuk ke tubuh. Anda juga bisa mencoba membeli obat telat bulan dan mengonsumsi obat untuk memperlancar haid. Namun, jika anda tidak berani mengosumsi obat kimia anda bisa mencoba mengonsumsi ramuan herbal.

Jahe dan Kunyit

Jahe dan kunyit sudah terbukti khasiatnya dan ampuh untuk memperlancar siklus haid. Meminumnya tanpa menambahkan apapun sangat bisa anda coba. Apalagi bahan herbal ini tidak akan menyebabkan efek samping berarti pada tubuh anda. nilai plus yang naik adalah harganya yang bersahabat untuk anda dan dompet. Bahannya pun gampang dicari dan diolah secara mandiri di dapur sendiri.

Jika segala cara sudah dilakukan namun tidak ada efek signifikan yang terjadi pada siklus haid anda, maka sebaiknya anda pergi ke dokter. Dengan pergi menemui ahlinya anda bisa menemukan jawaban pasti atas masalah anda. dosis obat yang diberikanpun akan tepat. Kapan waktu yang tepat untuk pergi?

Anda bisa pergi jika tiga hingga enam kali haid periode secara beruntut tidak teratur atau bahkan hingga sama sekali tidak terjadi menstruasi. Karena bisa jadi itu bukan kondisi haid tidak teratur biasa. Melainkan anda terdiagnosa mengalami amenore. Istilah amenore sendiri berarti kondisi tubuh wanita yang tidak bisa mengalami haid namun belum mencapai umur menopause.

Berhati – hatilah karena kemungkinan penyakit apapun bisa mengikuti kondisi haid tidak teratur ini. Jangan anggap sepele kondisi tidak normal ini. Bergegaslah untuk mengunjungi dokter terkait secara langsung. Ingatlah, kondisi tubuh orang berbeda – beda. Segera berkonsultasi dan melakukan checkup untuk mengetahui kondisi tubuh anda secara keseluruhan.

Tinggalkan komentar