Tanda tanda kehamilan

Penting! Ketahui dan Pahami 14 Tanda-tanda Kehamilan

Memiliki anak adalah impian setiap pasangan. Banyak pasangan yang mengusahakan cepat mendapat momongan. Caranya dengan melakukan program kehamilan hingga bayi tabung. Namun ketika kehamilan itu datang, banyak yang tidak menyadari tanda – tandanya. Hingga berimbas pada terlambatnya penanganan awal kehamilan hingga berpengaruh pada kondisi sang ibu.

Jangankan disadari orang lain, diri sendiri pun sering kali tidak memahami tanda – tanda kehamilan yang ada. Sering kali wanita tidak bisa membedakan terlambat haid atau sedang hamil muda. Agar tidak salah mengira, patut anda cermati tanda – tanda yang mengisyaratkan awal kehamilan.

Tanda tanda kehamilan
Tanda tanda kehamilan

Jangan Salah Mengartikan, Berikut Tanda – Tanda Kehamilan Pada Tubuh Anda

Tanda – tanda akan disadari bagi anda yang peka terhadap suatu kondisi. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mempelajari berbagai macam tanda yang berkaitan dengan kondisi tubuh anda. terlebih kondisi awal kehamilan. Karena sering kali kehadirannya tidak disadari.

Tanda kehamilan biasanya akan muncul beberapa hari hingga beberapa minggu setelah hubungan intim. Karena cirinya tidak signifikan terlihat, lebih banyak yang mengabaikannya ketimbang mengkonsultasikannya atau mencari tahu lebih dalam. Jangan salah, tanda atau gejala berikut ini mengartikan anda sedang hamil muda.

  1. Bercak darah

Jika beberapa hari setelah berhubungan intim anda menemukan bercak darah bisa jadi itu menandakan kehamilan. Pendarahan ringan ini terjadi karena sperma berhasil membuahi sel telur. Setelah itu menempelkann diri di dinding rahim. Dari proses ini terjadi induksi dan sering kali hingga menimbulkan pendarahan.

 

  1. Kram perut

Kram perut padahal belum jadwalnya datang bulan bisa jadi menandakan telah terjadinya ovulasi. Karena adanya kontraksi dalam rahim, hal ini sangat mungkin terjadi. Tapi anda perlu mencari tahu lebih dalam, bisa jadi hanya sakit perut biasa.

 

  1. Terlambat menstruasi

Terlambat menstruasi memang lekat dengan wanita. Saking seringnya terjadi, biasanya hal ini dianggap remeh. Tapi jangan salah, bisa jadi ini tanda bahwa anda hamil. Perhatikan kapan siklus haid anda tersendat. Jika kejadiannya setelah berhubungan intim siap – siap punya momongan ya.

 

  1. Payudara sensitif

Ini yang paling sering di sepelekan. Payudara sensitif bisa menandakan awal kehamilan. Jika disentuh anda akan merasa ngilu. Payudarapun serasa membengkak dan putingnya akan berubah warna jadi lebih gelap. Hal ini disebabkan oleh kenaikan hormone yang hanya terjadi jika anda hamil.

 

  1. Pinggang bagian bawah terasa linu

Pada umumnya rasa linu dipinggang bagian bawah menandakan kecapean atau pegal karena banyak berdiri. Perlu diperhatikan jika ini terjadi pada anda beberapa hari setelah berhubungan berarti ini tanda anda sedang hamil muda.

 

  1. Gampang lelah

Jika anda sangat sedikit beraktifitas tapi mengalami kelelahan yang parah, cepat sadari bahwa ini tanda kehamilan muda. Ini disebabkan oleh naiknya hormon progesteron. Hormone ini meningkat cukup signifikan sehingga jumlahnya tidak seimbang dalam tubuh.

 

  1. Morning sickness

Kondisi mual dipagi hari disertai atau tanpa disertai muntah adalah tanda paling signifikan bagi ibu hamil. Hal ini terjadi karena kontraksi yang terjadi pada tubuh. Didukung perubahan hormone yang mengalami penyesuaian. Namun parahnya sebagian orang menganggap kondisi ini sebagai gejala masuk angina biasa. Untuk hasil yang lebih meyakinkan, anda bisa menggunakan tespek.

Sudah tau dong apa saja tanda – tanda kehamilan pada diri anda. Jangan salah mengartikan untuk hasil yang lebih akurat cobalah menggunakan tespek. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter kandungan terpercaya. Lalu jika benar kehamilan terjadi apa saja hal pertama yang harus dilakukan? Jangan sampai anda memperburuk keadaan.

Yang Harus dilakukan Ketika Awal Kehamilan agar Tubuh Tetap Fit

Tubuh yang sehat dan bugar adalah impian semua orang. Tak terkecuali anda yang sedang hamil muda. Sering kali gampang lemas dan letih menghampiri karena tubuh tengah melakukan penyesuaian terhadap kondisi barunya. Suasana hati anda bisa berubah tanpa pertanda. Jangan sampai kondisi tersebut membuat anda kesal hingga berpengaruh pada janin anda.

Harus anda ketahui ternyata mindset dan mood bisa memengaruhi keadaan tubuh loh. Jadi menjaga kesehatan dan ketenangan pikiran juga tidak kalah penting. Lakukan beberapa cara berikut agar anda tetap fit ketika awal kehamilan.

  1. Menjaga ke stabilan emosi

Dengan keadaan tubuh yang sedang banyak memproduksi hormon progesterone rasanya sulit untuk mengatur emosi. Tapi sebenarnya tidak. Ingat yang berubah hanya fisik. Tetap jaga ke stabilan emosi anda. Ini akan sangat membantu agar badan tetap sehat dan anda selalu bahagia. Dan yang tidak kalah penting yaitu jangan cepat panic.

 

  1. Jaga minset

Kehamilan memang berita bahagia yang banyak dinantikan orang. Setelah banyak orang tau kehamilan maka tidak sedikit juga yang akan menaruh ekspetasi tinggi pada anda. Parahnya lagi pada beberapa kasus, situasi ini membuat anda mider. Jadi sangatlah penting menjaga midset. Ajak orang tersayang untuk terus berkomunikasi.

 

Anda juga tidak perlu menganggap serius omongan orang. Yang paling penting adalah keadaan ibu yang sehat dan bahagia. Karena janin juga akan merasakan hal yang sama. Stay positive is a must.

 

  1. Perhatikan asupan makanan

Ingat ada janin yang sedang tumbuh dalam tubuh anda. Maka dari itu mulai perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Anda bisa mulai dengan meminimalisir mengonsumsi fast food dan memperbanyak makan buah. Imbangi nutrisi dengan meminum susu untuk ibu hamil.

 

  1. Minum air putih

Air putih berfungsi sebagai penopang cairan tubuh. Ibu hamil harus tetap menjaga asupan air putih untuk menghindari efek cepat lemas dari perubahan hormon. Minum sampai 10 gelas sehari sudah cukup untuk menjaga keseimbangan ion tubuh.

 

  1. Tetap lakukan olahraga

Olahraga tetap dibutuhkan dalam kondisi apapun. Termasuk pada kondisi hamil. Pilihlah olahraga yang sesuai kapasitas anda. Jangan berolahraga terlalu keras dengan intensitas terlalu sering. Karena tenaga anda akan cepat terkuras habis dan bisa jadi anda jatuh sakit.

 

  1. Konsultasi pada ahli

Yang terakhir adalah konsultasi pada ahli. Ini cara terbaik untuk mengetahui keadaan tubuh anda. Melalui konsultasi anda bisa memperkirakan apa saja yang harus dipersiapkan. Jadi tidak perlu mengira ngira hingga salah kaprah dalam mengerjakan sesuatu.

 

  1. Istirahat yang cukup

Tidur merupakan media istirahat yang paling baik. Atur jadwal tidur malam anda jangan sampai begadang. Hal ini dilakukan agar kadar hemoglobin atau oksigen dalam darah tetap terjaga. Selain itu jangan melakukan aktifitas berat karena tubuh anda mudah letih dan lemas. Tetap jaga kondisi tubuh saat didalam maupun diluar rumah.

Ternyata menjaga tubuh agar tetap fit relative mudah ya. Tetap bahagia dan jaga asupan tubuh jadi kunci utama agar kondisi tubuh tetap terjaga. Jangan lupa lakukan konsultasi rutin ke dokter kandungan anda agar perkembangan anda dan janin tetap terpantau. Selamat menjalani kehamilan.

Tinggalkan komentar